Jumat, 23 Oktober 2009

Dokter Masuk Desa = SHOCK !

Well ini adalah pengalaman gw dan teman - teman gw sewaktu kita praktek lapangan untuk anamnesis di Puskesmas Sokaraja di Purwokerto , dan beginilah ceritanya

Dimulai pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2009 , gw beserta kelompok gw mendapat tugas dari kampus buat pergi ke suatu puskesmas buat menjalankan suatu misi , yaitu belajar membuat anamnesis dari pasien yang SESUNGGUHNYA ! dan akhirnya kita semua berangkat tepat jam 7 pagi , dan dimulai dengan perjalanan yang membuat jantung berdebar , karena waktu dikasih pengarahan ternyata prosedurnya rada ribet dan kita semua cuma bisa PASRAH untuk satu hal yang udah dibikin kebijakannya sama kampus !

setelah sampai di puskesmas kita semua udah kaya anak panti dengan seragam almamater kampus warna kuning terang ( ya hampir mirip almamater UI lah, hahaha! ), dan nunggu lama banget karena dokter puskesmasnya belom dateng sama sekali , ditambah dengan panas yang menyengat dan komplitlah penderitaan kita semua , dan terus menunggu sampai sekitar 2 jam sampai dokternya datang. hehe

Oke, setelah 2 jam berlalu akhirnya dokternya dateng juga , dokternya bilang dia abis visit pasien jadinya lama dan kita memaklumi nya walau dalam hati bilang begini "Gila lama bener lo! ga tau kita pada kepanasan apa?!", hahaha.. tapi kata - kata itu disimpen dalam hati aja.

Setelah itu dokter bilang , kalo sekarang ada pasien yang udah dateng sebanyak 3 orang dan sakitnya adalah penyakit KULIT ! oh iya sebelumnya gw belom bilang kalo tugas gw ke puskesmas ini dalam rangka buat anamnesis pasien yang menderita sakit kulit, radang tulang , dan penyakit yang berunsur keabnormalan otot .. dan akhirnya gw mendapat giliran pertama buat anamnesis pasien dengan penyakit kulit , and the story is begin !!! jeng jeng jeng !!

Pertama kali gw menemui pasien gw yang ternyata sudah tua dengan umur 74 tahun, dan terjadi adegan tanya jawab disini :

gw : pagi pak, piye kabare ?? ono opo to pak ?
pasein : apik , kiye to kakiku anu gatel - gatel ,neng jari - jari ne gatel banget e.

gw : wis pirang dinten pak ?
pasien : wis lami mba , yaa wis puluhan tahun gatele,kulo tahan - tahan.

gw : ohh , bapak sih kerjane nopo?
pasien : anu mba tukang nyangkul, tapi saiki wis ora maning

dan terjadilah percakapan seputar anamnesis yang begitu panjang sampai akhinya !!

gw : bapak putrane pira pak ? neng kene karo sapa ?
pasein : putrane kulo 9 mbak ,neng kene dewekan karo becak, anak kulo sibuk

gw : ohhh, akeh ya pak anake
pasien : iya kulo wis ditinggal anak ke karo istri ne 10 tahun mbak

gw : wah?? neng e'ndi to pak istri karo anakke?
pasien : anak kulo teng jakarta, sokaraja , karo kalimantan nyambut gawe

dan inilah saatnya yang membuat alis gw membentuk segitiga terlalu ekstrim

pasien : istri kulo saiki neng KUBURAN !!!

gw : ohhh,, maaf nggeh pak, kulo m'boten ngertos ..
pasein : ya ora apa", saiki kulo tidur nggeh SENDIRIAN !!

Dan saat itu buluk kuduk gw berdiri semua pertanda keaneahan, dan saat itu gw cepet - cepet pengen pergi aja dan ninggalin kakek itu, karena takut diculik dan disuruh nemenin dia tidur! OGAH deh gw...hahaha

akhirnya gw cepet - cepet beresin anamnesis gw semuanya dan segera gabung lagi sama temen - temen gw, dan saat gw cerita sama temen - temen gw dokter pun manggil gw.

dokter : Sekar tolong anter bapak ini buat periksa LAB ya!

dan saat itu gw hanya bisa pasrah dan nganterin si kakek itu ke ruang lab tanpa melihat sedikitpun wajahnya karena takut! ahahahaa

amit - amit deh kalo gw disuruh nemenin kakek - kakek tidur..

dan inilah foto - foto anak panti (kelompok gw ) yang berjuang karena belom sarapan jadi pada makan baso di puskesmas..



Tidak ada komentar: